Minggu

Tips Memilih Batako Untuk Rumah Idaman

Batako sekarang ini tidak lagi sama seperti batako pada zaman dahulu. Batako yang dahulu diabaikan sekarang berubah menjadi bahan yang banyak digunakan untuk membangun rumah.

Kepopuleran batako meningkat karena sudah banyak orang yang merasakan keuntungan memakainya.

Mulai dari penggunaan untuk rumah batako sederhana, rumah batako berbentuk minimalis, dinding rumah, pagar rumah bahkan digunakan untuk pondasi rumah maupun pondasi pagar rumah.

Ada yang memakai batako sampai dengan ketinggian 6 meter lebih, batako tersebut digunakan untuk membangun rumah 2 tingkat. Batako tetap aman digunakan sampai ketinggian dan panjang tertentu dengan catatan tiang-tiang beton(beton cor) yang mengunci batako harus kuat dan jarak antar tiang harus sesuai.

Seperti rumah pada umumnya, beton cor berfungsi sebagai rangka rumah. Beton cor berada dibawah pasangan batako, samping kiri samping kanan dan diatasnya.

Selain rangka bangunan yang kuat, kita juga harus mengetahui kualitas dari batako yang akan dipakai.

Tips Memilih Batako Berkualitas Baik

Walaupun batako sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum kita tidak boleh asal dalam membeli batako karena pembuat batako sangat banyak dan memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Mulai dari kualitas sedang, kualitas rendah, kualitas tinggi sampai ada batako yang berkualitas premium. Kalau Anda tanyakan langsung ke pedagangnya tentang kualitas batako yang mereka produksi pasti semua penjual batako menjawab bahwa batako merekalah yang berkualitas.

Kualitas batako ditentukan oleh kualitas pasir yang digunakan dan orang yang membuatnya. Sebagus apapun pasirnya kalau tidak bisa mencampurnya dengan baik maka hasilnya tidak maksimal bahkan jelek.

Oleh karena itu pastikan Anda hanya membeli dari penjual batako yang sudah berpengalaman dan orangnya dapat dipercaya.


Kalau Anda pernah membuat batako sendiri tentu Anda akan mengetahui dengan mudah mana batako berkualitas bagus dan mana yang berkualitas jelek dengan hanya melihat dan memegangnya.

Anda juga bisa meminta bantuan kepada tukang bangunan yang akan Anda pekerjaan untuk membangun rumah Anda. Tukang bangunan yang sering memasang batako biasanya juga sudah hafal kualitas batako yang baik.

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Batako

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat batako pada umumnya terdiri dari 3 bahan saja yaitu pasir, semen dan air. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan ditemukan banyak inovasi mengakibatkan ada beberapa penjual batako beralih dari sebelumnya menggunakan pasir diganti dengan sterofoam, limbah batu bara dan beberapa bahan lainnya.

Tujuan dari penggunaan limbah batu bara dan sterofoam sebagai bahan baku pembuatan batako adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan keuntungan usaha batako karena bahannya murah bahkan sampai tidak perlu beli(GRATIS).

Ini yang dinamakan dengan win win solution pedagang untung mendapat bahan baku murah, pencemaran lingkungan berkurang dan kebersihan lingkungan terjaga.

Seperti yang kita ketahui sterofoam terbuat dari biji plastik yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sterofoam. Sterofoam termasuk bahan yang berbahaya untuk lingkungan karena memerlukan waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun untuk membuatnya hancur secara alami.

Kembali lagi ke batako....

Lalu apakah bagus sterofoam dan limbah batu bara digunakan untuk batako?

Apakah batako yang dari kedua limbah tersebut sama kuatnya dengan batako yang menggunakan pasir?

Penulis tidak pernah memakai sterofoam maupun limbah batubara sebagai bahan dasar pembuatan batako pengganti pasir. Dan juga tidak pernah menggunakannya sebagai bahan campuran.

Menurut pengalaman penulis yang sudah berkecimpung di bidang batako sejak awal 2011 dan juga pengalaman rekan-rekan penulis yang sama-sama pengusaha batako menyimpulkan bahwa tetap lebih kuat menggunakan pasir dibandingkan kedua bahan limbah tersebut.

Perbandingan Komposisi Untuk Membuat Batako

Perbandingan yang umum digunakan untuk membuat batako adalah 10 : 1 : 2. Lebih jelasnya 10 timba untuk pasir, 1 timba untuk semen dan 2 timba untuk air, ini adalah perbandingan dalam keadaan normal.

Dalam keadaan tertentu untuk jumlah air sendiri bisa berubah-ubah sesuai keadaan pasir. Jika pasirnya basah cukup menggunakan 1 timba air saja. Dan bisa menghabiskan sampai 3 timba air jika pasir dalam kondisi sangat kering.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna pastikan Anda sudah mencampur semen sampai merata, setelah itu baru dikasih air sampai basah sempurna.

Keuntungan Menggunakan Batako Untuk Membangun Rumah

Menggunakan batako memiliki banyak keuntungan seperti biaya tukang yang murah, bangunan lebih cepat selesai dan hemat pasir+semen.

Biaya tukang bisa murah karena pekerjaan membangun rumah bisa selesai lebih cepat dibandingkan menggunakan batu bata merah. Misal yang biasanya pekerjaan membangun rumah besar selesai dalam waktu 6 bulan bisa selesai kurang dari 6 bulan, bisa 5 bulan sudah selesai.

Jika pengerjaan selesai lebih cepat tentu saja biaya untuk membayar tukang jauh lebih murah. Dan jika Bangunan juga bisa selesai lebih cepat dari jadwal merupakan kesenangan tersendiri bagi developer property. Mungkin bagi orang biasa yang membangun rumahnya sendiri, selesai lebih lama tidak apa-apa asal rumahnya tampak bagus dan elegan sesuai yang mereka harapkan.

Tetapi bagi Developer Property menyelesaikan pekerjaan jauh lebih cepat dan dengan kualitas yang bagus adalah prestasi yang membanggakan. Semakin cepat selesai semakin baik karena biaya operasional mereka menjadi berkurang dan keuntungan perusahaan meningkat.

Keuntungan lain menggunakan batako adalah lebih hemat pasir dan semen. Karena batako ukurannya lebih besar jadi adonan untuk pasang batako lebih sedikit. 

Semoga Tips Memilih Batako Untuk Rumah Idaman diatas bisa membantu Anda menemukan penjual batako terbaik di wilayah Anda.