Senin

Harga Batako Terbaru Untuk Rumah Batako

harga | Batako | nganjuk | kediri
Harga-Batu-Bata-pada-zaman-dahulu
Batu Bata Merah 

Harga batako – Pada zaman dahulu  orang Indonesia banyak yang membangun rumah menggunakan batu bata merah sebagai dinding rumah, pagar maupun bangunan lainnya. 

Namun seiring perkembangan  zaman, kini orang-orang mulai beralih menggunakan batako karena lebih murah dan kuat.

Bangunan yang umum dibuat adalah rumah batako sederhana, pagar batako, dinding batako, rumah batako tanpa plester, rumah batako minimalis, tembok batako dan rumah batako masa kini.

Kelebihan batako yang lainnya adalah proses pengerjaannya lebih cepat dibandingkan menggunakan batu bata merah karena ukuran batako lebih besar.

Harga batako terbaru saat ini sekitar Rp. 2.300,- per biji. Perubahan cara pandang masyarakat indonesia dapat dengan mudah kita jumpai dimana-mana, contohnya banyak proyek perumahan yang sedang dikerjakan saat ini mulai meninggalkan menggunakan batu bata merah dan beralih menggunakan batako sebagai gantinya karena batako dinilai lebih murah, kuat dan pengerjaannya lebih cepat.

Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan perumahan jauh lebih murah dan efisien.

Begitu juga dengan bangunan-bangunan yang lainnya entah di Desa maupun Kota sudah banyak yang menggunakan batako sebagai bahan bangunannya karena lebih murah dan terjangkau.

Harga Batako Setiap Daerah Berbeda

Mengapa harga batako bisa berbeda-beda dipasaran dan terkadang ada yang sangat murah?
Berikut ini adalah beberapa alasan harga batako bisa berbeda:
  • Lokasi pabrik batako, semakin dekat dengan pembuat batako maka harga batako jauh  lebih murah karena biaya tranportasi juga murah. Cari lokasi pabrik batako(tempat produksi batako) yang paling dekat dengan rumah Anda dan pilih kualitas batako yang paling bagus.
  • Membeli batako langsung dari pembuat batako jauh lebih murah karena tidak melewati pemborong maupun perantara. Jika Anda membeli dalam jumlah kecil selisih harga tidak terlalu banyak tetapi akan terlihat banyak jika membeli dalam jumlah diatas 1000 batako. Saran saya lebih baik Anda membeli langsung ke tempat pembuatan batako seperti Pandawaland(produsen batako sejak 2011).
  • Batako dengan kualitas baik tentu bahan bakunya menggunakan semen yang cukup sehingga dipastikan hasilnya lebih baik dan kokoh. Bila batako yang anda beli harganya murah maka anda perlu berhati-hati, bisa jadi batako tersebut menggunakan semen bekas atau campuran semennya lebih sedikit dan tentu saja kualitasnya buruk atau diragukan.
  • Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan cash biasanya harga batako lebih murah dibanding kredit/hutang. Jika Anda membeli batako dengan sistem kredit maka Anda akan membayar beberapa rupiah kepada pihak bank atau membayar lebih mahal kepada pemilik batako.

Ukuran Batako Standar Untuk Membangun Rumah Batako

Pada umumnya dimensi ukuran batako yang beredar dipasaran memiliki panjang 30cm, tinggi 15cm dan lebar 10cm. Ini bukanlah ukuran batako mutlak karena ada juga yang membuat ukuran batako lenih besar dari ini.

Tetapi bila ditanya ukuran batako standar itu berapa, tentu jawabannya seperti uraian saya diatas. Karena itulah ukuran batako yang pas untuk tukang bangunan, kalau ukuran batako lebih besar dari itu biasanya tukang bangunan akan mudah capek saat proses memasang batako dan tentu saja proses pengerjaan bangunannya lebih lama.

Dampaknya biaya untuk bayar tukang jauh lebih banyak karena pengerjaannya lebih lama dari biasanya, bisa-bisa biaya Anda untuk membangun rumah batako membengkak dan ini sering terjadi. Oleh karena itu gunakan ukuran batako standar untuk efisiensi biaya dan waktu untuk pengerjaan bangunan dinding rumah Anda, tembok, pagar maupun pondasi rumah jauh lebih murah.

Ukuran batako sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas bangunan yang akan dibangun menggunakan batako. Semakin besar ukuran batako yang digunakan untuk membangun rumah semakin besar juga beban yang ditanggung oleh bangunan. Sehingga bangunan akan rentan roboh.

Namun anda tidak usah khawatir, pada umumnya bangunan yang menggunakan batako dilengkapi dengan cor beton yang didalamnya terdapat besi-besi beton yang kuat dan beton tersebut berfungsi seperti sabuk yang mengunci batako agar tetap berada ditempatnya dan saling menguatkan.

Kelebihan Batako Untuk Para Developer Property

Seperti yang sudah saya utarakan berkali-kali diatas, kelebihan batako adalah lebih mudah dan cepat pengerjaannya, lebih murah dibanding batu bata merah dan biaya operasional jauh lebih murah(untuk kontraktor properti).

Untuk masyarakat umum kecepatan pengerjaan dan efisiensi waktu tidak terlalu penting, namun bagi kotraktor bangunan atau developer properti efisiensi waktu sangat penting. Karena dengan waktu yang lebih cepat untuk pengerjaan proyeknya maka keuntungan yang mereka peroleh jauh lebih besar.

Kekurangan Batako Untuk Rumah Batako Sederhana

Walaupun memiliki kelebihan lebih banyak dibanding material lain tetap saja batako memiliki kekurangan. Kelemahan yang dimiliki material batako adalah berat yang dimiliki batako per bijinya jauh lebih berat dibanding material lain. Jika cor beton yang digunakan untuk sabuk kurang kuat, sewaktu-waktu bila terjadi gempa bangunan akan mudah retak.

Oleh karena itu pastikan cor beton yang anda gunakan benar-benar kuat dan mampu menahan batako dengan kuat.


Dapatkan informasi lengkap tentang batako Pandawaland
 --->>> 0822.8043.0453


harga | Batako | nganjuk | kediri