Minggu

7 Tips Membangun Rumah Hemat Biaya

7 tips membangun rumah hemat biaya
7 tips membangun rumah hemat biaya
Mempunyai rumah sendiri adalah idaman semua orang, apalagi yang sudah berkeluarga. Ada yang masih ngontrak rumah, ada yang tinggal di rumah orang tua sampai ada juga yang tinggal di PMI.

Iya PMI...

Pondok Mertua Indah maksudnya.

Bagi kalian yang mengalami hal diatas biasanya memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti pertanyaan berikut ini, entah pernah diucapkan atau masih dalam hati.

Bagaimana cara membangun rumah dengan dana minim?
Bagaimana cara membangun rumah murah dan cepat?
Apakah dengan cara membangun rumah secara bertahap bisa memiliki rumah sendiri?
Atau dengan cara bikin rumah minimalis agar bisa cepat punya rumah?
Apa mungkin membuat rumah murah 25 juta?

Tenang....

Saya punya tips untuk Anda agar bisa memiliki rumah idaman Anda.

7 Tips membangun rumah dengan dana terbatas
Dengan mempelajari teknik ini, impian bikin rumah murah bisa terwujud.


1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah

Merencanakan pembangunan rumah mulai dari jumlah dana, ukuran bangunan dan waktu pengerjaan. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan atau mengontrol pembangunan rumah Anda supaya selesai tepat waktu.

Jika waktu yang diperlukan untuk membangun rumah meleset dari perkiraan karena jam pengerjaan yang ngaret"molor", maka biaya yang kita keluarkan akan jauh lebih banyak. Oleh karena itu sebagai pencegahan ada baiknya Anda memilih kontraktor yang berpengalaman untuk mengerjakan pembangunan rumah impian Anda.


2. Gunakan Desain Rumah Tipe Minimalis

Rumah dengan desain tipe minimalis sekarang sedang menjadi trend karena rumah jenis ini memakai bahan bangunan yang relatif lebih sedikit dibandingkan bangunan biasanya. 

Sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain efisien, rumah tipe minimalis juga terlihat mewah dan keren dengan ciri khas bangunannya.

Anda tidak perlu khawatir akan keluar banyak uang untuk menyewa jasa arsitek guna mendesain tipe rumah minimalis ini karena jaman sekarang sudah banyak desain rumah minimalis bertebaran di internet.

Anda tinggal browsing dan mencari rumah yang sesuai dengan selera. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.


3. Tentukan Bentuk Bangunan Rumah

Gunakan bentuk bangunan persegi atau persegi panjang karena bentuk bangunan seperti itu lebih mudah untuk dikerjakan dan lebih cepat selesai. Bandingkan dengan rumah yang berbentuk segitiga ataupun bulat yang memiliki banyak lekukan dan biasanya menyisakan beberapa bahan material yang tidak terpakai.

Tentu bentuk bangunan tersebut lebih boros dalam bahan bangunan dan pengerjaannya. Oleh karena itu gunakan bentuk bangunan persegi atau persegi panjang yang lebih hemat dan cepat pengerjaannya, baca EFISIEN.


4. Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Harga bahan bangunan yang semakin hari semakin naik mengharuskan kita untuk jeli dalam memilih. Oleh karena itu lakukan riset harga bahan bangunan dibeberapa toko, Anda tidak perlu malu untuk keluar masuk beberapa toko.

Harga bahan bangunan dimasing-masing toko berbeda-beda, Anda harus mencari toko terbaik yang menyediakan bahan-bahan bangunan seperti semen, batako, batu bata, pasir, besi, dll. Temukan toko yang menjual bahan bangunan murah dengan kualitas sama.

Semakin lokasi toko dekat dengan pembangunan rumah Anda maka semakin bagus karena biaya kirim dari material-material yang Anda beli jauh lebih murah bahkan ada yang gratis.


5. Selektif Memilih Juru Bangunan

Membangun rumah sendiri bukan berarti Anda yang membangunnya dengan tangan Anda sendiri. Karena untuk membangun rumah yang bagus dan efisien diperlukan orang yang ahli dalam bidang pembangunan rumah.

Dalam hal ini bisa disebut juga Juru Bangunan, orang yang sudah ahli dalam bangunan ini akan mencampur bahan-bahan bangunan yang Anda miliki dan menyusunnya sampai jadi sebuah rumah. Anda hanya terima jadi karena merekalah ahlinya.

Mengingat pentingnya peran tukang bangunan ini, maka anggaran yang dikeluarkan untuk mereka juga lumayan banyak. Oleh sebab itu pastikan Anda memilih juru Bangunan yang profesional agar pembangunan rumah Anda selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.


6. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Bahan bangunan untuk rumah impian Anda tidak harus terbuat dari bahan-bahan yang mahal. Seperti penggunaan kayu jati sebagai tiang penyangga untuk cor dek rumah bisa diganti dengan bambu yang lebih murah dan sama-sama kuat.

Selain bahan bangunan tersebut masih banyak bahan lain yang bisa diganti dengan bahan lokal yang harganya jauh lebih terjangkau dengan kualitas sama bahkan bisa lebih bagus.


7. Membuat Ruangan Multifungsi

Rumah yang memiliki banyak ruangan sudah tentu menghabiskan bahan bangunan yang lebih banyak dibandingkan rumah minimalis yang memiliki ruang multifungsi.

Contoh ruang multifungsi yang sederhana adalah ruang tamu yang bisa digunakan untuk ruang Keluarga, ruang dapur yang bisa digunakan untuk ruang makan, kamar tidur yang bisa digunakan untuk tempat kerja online dan ruangan multifungsi lainnya.

Ayo Bangun Rumah Impianmu

Anda sudah tau cara untuk membangun rumah murah tipe minimalis. Sudah saatnya Anda untuk Action, mengambil langkah untuk membangun rumah impian Anda. 

Bangun sekarang juga!!

Karena sebagus apapun rencana pembangunan tetapi tidak disertai dengan tindakan, maka tidak akan terjadi sesuatu apapun. Yang ada hanya rasa khawatir dan penyesalan karena tidak kunjung memiliki rumah. Semoga Anda yang membaca artikel ini bisa segera memiliki rumah idaman Anda.